Korea Selatan dan Wisata-nya

Korea Selatan

Republik Korea (bahasa Korea: Daehan Minguk (Hangul: 대한민국; Hanja: 大韓民國); bahasa Inggris: Republic of Korea/ROK) atau biasa dikenal sebagai Korea Selatan atau Korsel adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Di sebelah utara, Republik Korea berbataskan Korea Utara, di mana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948. Laut Kuning di sebelah barat, Jepang berada di seberang Laut Jepang (disebut “Laut Timur” oleh orang-orang Korea) dan Selat Korea berada di bagian tenggara. Negara ini dikenal dengan nama Hanguk (한국; 韓國). oleh penduduk Korea Selatan dan disebut Namchosŏn (남조선; 南朝鮮; “Chosŏn Selatan”) di Korea Utara. Ibu kota Korea Selatan adalah Seoul (서울).

Penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Semenanjung Korea telah didiami sejak Masa Paleolitik Awal. Sejarah Korea dimulai dari pembentukan Gojoseon pada 2333 SM. oleh Dan-gun. Setelah unifikasi Tiga Kerajaan Korea dibawah Silla pada 668 M, Korea menjadi satu di bawah Dinasti Goryeo dan Dinasti Joseon hingga akhir Kekaisaran Han Raya pada 1910 karena dianeksasi oleh Jepang. Setelah liberalisasi dan pendudukan oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada akhir Perang Dunia II, Wilayah Korea akhirnya dibagi menjadi Korea Utara dan Korea Selatan.

SEJARAH

Korea dimulai dengan pembentukan Joseon (atau lebih sering disebut dengan Gojoseon untuk menhindari persamaan nama dengan Dinasti Joseon pada abad ke 14) pada 2333 SM oleh Dangun. Gojoseon berkembang hingga bagian utara Korea dan Manchuria. Setelah beberapa kali berperang dengan Dinasti Han Gojoseon mulai berdisintegrasi.

Dinasti Buyeo, Okjeo, Dongye dan konfederasi Samhan menduduki Semenanjung Korea dan Manchuria Selatan. Goguryeo, Baekje, and Silla berkembang mengatur Tanjung Korea yang dikenal dengan Tiga Kerajaan Korea. Untuk pertama kalinya Semenanjung Korea berhasil disatukan oleh Silla pada tahun 676 menjadi Silla Bersatu. Para pelarian Goguryeo yang selamat mendirikan sebuah kerajaan lain di sisi timur laut semenanjung Korea, yakni Balhae. Hubungan antara Korea dan China berjalan dengan baik pada masa Dinasti Silla. Kerajaan ini runtuh akibat adanya kerusuhan dan konflik yang terjadi di dalam negeri pada abad ke 10, Kerajaan Silla jatuh dan menyerah kepada dinasti Goryeo pada tahun 935.

Silla Bersatu akhirnya runtuh di akhir abad ke-9, yang juga mengakhiri masa kekuasaan Tiga Kerajaan. Kerajaan yang baru, Goryeo, mulai mendominasi Semenanjung Korea. Kerajaan Balhae runtuh tahun 926 karena serangan bangsa Khitan  dan sebagian besar penduduk serta pemimpinnya, Dae Gwang hyun, mengungsi ke Dinasti Goryeo. Tahun 993 sampai 1019 suku Khitan dari Dinasti Liao meyerbu Goryeo, tapi berhasil dipukul mundur. Kemudian pada tahun 1238, Goryeo kembali diserbu pasukan Mongol dan setelah mengalami perang hampir 30 tahun, dua pihak akhirnya melakukan perjanjian damai.

Pada tahun 1392, Taejo dari Joseon mendirikan Dinasti Joseon setelah menumbangkan Goryeo. Raja Sejong (1418-1450) mengumumkan penciptaan abjad Hangeul. Antara 1592-1598, dalam Perang Imjin, Jepang menginvasi Semenanjung Korea, tapi dapat dipatahkan oleh prajurit pimpinan Admiral Yi Sun-shin. Lalu pada tahun 1620-an sampai 1630-an Dinasti Joseon kembali menderita serangan dari (Dinasti Qing).

Pada awal tahun 1870-an, Jepang kembali berusaha merebut Korea yang berada dalam pengaruh Cina. Pada tahun 1895, Maharani Myeongseong dibunuh oleh mata-mata Jepang. Pada tahun 1905, Jepang memaksa Korea untuk menandatangani Perjanjian Eulsa yang menjadikan Korea sebagai protektorat Jepang dan pada 1910 Jepang mulai menjajah Korea. Perjuangan rakyat Korea terhadap penjajahan Jepang dimanifestasikan dalam Pergerakan 1 Maret dengan tanpa kekerasan. Pergerakan kemerdekaan Korea yang dilakukan Pemerintahan Provisional Republik Korea lebih banyak aktif di luar Korea seperti di Manchuria, Cina dan Siberia.

Dengan menyerahnya Jepang pada tahun 1945, PBB membuat rencana administrasi bersama Uni Soviet dan Amerika Serikat, namun rencana tersebut tidak terlaksana. Pada tahun 1948, pemerintahan baru terbentuk: Korea demokratik (Korea Selatan) dan komunis (Korea Utara) yang dibagi oleh garis lintang 38 derajat. Pada 1950, Korea Utara menginvasi Korea Selatan yang dikenal dengan nama Perang Korea.

 

 

 

WISATA

Ada 23 tempat wisata di korea selatan yang cukup terkenal di antaranya :

  1. Uleung Island Seaside Road

Uleung Island yang sering disebut sebagai “Pulau Misterius”.Bagi masyarakat Korsel, pulau ini menjadi objek wisata favoritnya karena keindahan alam yang masih alami, terjaga, dipenuhi dengan formasi bebatuan besar, tebing-tebing pantai yang kokoh, dan beragam air terjun yang membentuk pemandangan indah yang ditonjolkan pulau ini.

 

  1. Pulau Jeju

Pulau Jeju memang sangat indah sekali, pulau ini sering dijadikan sebagai tempat syuting film. Ada banyak sekali tempat wisata di Pulau Jeju Korea Selatan yang menarik untuk kita kunjungi.

 

  1. Bomun Pavilion, Gyeongju

Destinasi wisata di Korea Selatan yang selanjutnya adalah Gyeongju. Gyeongju  sendiri merupakan ibukota kuno dari Dinasti Shilla yang memiliki julukan “Museum Tanpa Dinding”. Bomun Pavilion sendiri merupakan gazebo kayu kecil yang berdiri di atas kolam bebek berair tenang. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan bagus musim semi Korea, dimana bunga-bunga sakura mulau bermekaran di atas kolam dan sesekali merontokkan kelopaknya ketika angin sepoi berhembus.

 

  1. Pulau Udo

Selain Pulau jeju, Pulau Udo juga merpakan destinasi wisata di Korsel yang cukup populer, untuk mencapai pulau ini bisa ditempuh selama 15 menit dari Pulau Jeju dengan menggunakan kapal feri. Terletak di timur Pulau Jeju, Udo merupakan pulau yang cocok untuk wisata semua kalangan. Tempat wisata di Korea Selatan ini terkenal dengan tanahnya yang subur, pemandangan ikan, dan warisan juga lokalnya (penyelam wanita, dinding dari batu, dan kuburan batu).

 

  1. Yang Dong Traditional Village

Desa ini masuk dalah situs warisan dunia UNESCO. Desa tradisional ini mencerminkan budaya dan bangunan khas konfusianisme aristokrat dari Dinasti Joseon.

 

 

  1. Seomjin River Train Village

Taman yang dipenuhi dengan aneka bunga ini terletak di Gokseong.Dahulunya Seomjin River Train Village adalah sebuah sebuah stasiun kereta api namun karena ide yang sangat cemerlang, kemudian disulap menjadi taman dengan berbagai bunga cantik hidup dan tumbuh subur.

 

  1. Seongsan Sunrise Peak

Seongsan Sunrise Peak. Seongsan Sunrise Peak adalah sebuah sebuah kawah yang terbentuk karena letusan Hydrovolcanic pada dasar laut yang dangkal.

 

  1. Stasiun Kyeong-Wha, Jinhae

Yang membuat stasiun ini menarik yaitu, di sepanjang sisi kanan dan kiri trek kereta ditumbuhi pohon-pohon sakura yang cantik. Saat kereta melaju dengan kencang, bunga-bunga sakura ini akan jatuh bertebaran, menciptakan hujan kelopak sakura yang indah.

 

  1. Jeungdo Salt Farm

Berkeliling di sini, Anda akan merasakan suasana yang berbeda dengan lokasi-lokasi wisata di Korea lainnya yang cenderung berbukit, karena sebagian medan di sini adalah berupa lumpur. Gelodok Bridge, adalah jembatan yang akan membawa Anda melintasi padang lumpur dengan pemandangan yang indah. Selain dataran lumpur, Anda bisa menikmati suasana magis peternakan garam yang unik.

 

  1. Boseong Green Tea Field

Korea Selatan juga merupakan negara penghasil teh terbaik. Kebun teh ini sangat indah dan tertata dengan baik. Boseong Green Tea Field menjadi salah satu tujuan wisata alam di Korea Selatan yang dapat memikat setiap orang yang datang kesini.

 

  1. Monumen Peringatan Perang Korea

Monumen ini bertujuan untuk mengingat masa-masa kelam dalam sejarah perang Korea, menceritakan banyak hal pada Anda tentang konflik yang terjadi di Korea pada sekitar 60 tahun yang lalu. Di sana Anda dapat menjumpai berbagai macam barang peninggalan perang serta peralatan militer yang jumlah hingga 13 ribu item.

 

 

  1. Teater Nanta di MyeongDong

Lokasi pertunjukan teater Nanta ini berada di lantai 3 dan lantai 5 Gedung UNESCO di pusat keramaian Myeongdong. Anda akan menyaksikan sebuah drama komedi nonverbal dengan setting sebuah dapur dan menggunakan alat-alat masak sebagai alat musik perkusi.

 

  1. Taman Nasional Bukhansan

Taman Nasional Bukhansan menjadi salah satu tempat wisata alam di Korea Selatan yang menarik untuk kita kunjungi, lokasinya berada di bagian sebelah utara sungai Han, Korea. Di Taman Nasional Bukhansan ini, Anda dapat menyaksikan puluhan ngarai, puncak granit, dan aliran sungai yang jernih. Inilah tempat hiking di Seoul, sebuah tempat untuk menyaksikan pemandangan alam yang indah dari puncak ketinggian.

 

  1. Seoul Arts Center (Pusat Kesenian Seoul)

Korea Selatan terkenal dengan kesenian mereka yang sudah berumur ribuan tahun, nah Seoul Arts Center menjadi salah satu alternatif untuk menikmati pertunjukan seni budaya dan pameran, baik itu tarian, opera, teater, hingga film dan musik. Di tempat inilah beberapa organisasi kesenian dan kebudyaaan penting di Korea Selatan bermarkas. Bangunan ini terletak di kawasan Seocho-gu, Korea.

 

  1. Istana Changdeok (Changdeokgung)

Korea Selatan dahulunya merupakan negara kerajaan, dan ini masih kita liht dari peninggalan sejarah berupa bangunan kerajan. Istana Changdeok adalah salah satu dari 5 istana besar yang dibangun sebagai tempat tinggal keluarga kerajaan. Makna dari Changdeokgung adalah Istana Kemakmuran. Di tempat wisata Korea Selatan yang satu ini, Anda dapat menikmati arsitektur Korea di masa lampau.

  1. Istana Gyeongbok (Gyeongbokgung)

Istana Gyeongbok adalah sebuah istana yang terletak di sebelah utara kota Seoul (Gangbuk), Korea Selatan. Istana ini termasuk dari 5 istana besar dan merupakan yang terbesar yang dibangun oleh Dinasti Joseon.

Istana Gyeongbok aslinya didirikan tahun 1394 oleh Jeong do jeon, seorang arsitek. Istana ini hancur pada saat invasi Jepang ke Korea tahun 1592-1598 dan dibangun lagi selama tahun 1860-an dengan 330 buah komplek bangunan dengan 5.792 kamar. Berdiri di wilayah seluas 410.000 meter persegi, Istana Gyeongbok adalah simbol keagungan kerajaan dan rakyat Korea. Setelah pembunuhan Maharani Myeongseong oleh mata-mata Jepang pada tahun 1895, Raja Gojong meninggalkan istana ini bersama anggota keluarganya yang lain dan tidak akan pernah kembali.

Pada tahun 1911, pemerintahan Jepang yang sedang menjajah Korea menghancurkan semua bangunannya kecuali 10 bangunan utama, dan membangun Bangunan Pemerintahan Utama Jepang untuk gubernur jenderal Korea di depan Ruangan Tahta.

Bangunan utama dari Istana Gyeongbok termasuk Geunjeongjeon, Ruangan Tahta Raja (yang merupakan harta nasional Korea Selatan nomor 223) dan Paviliun Gyeonghoeru (harta nasional nomor 224) yang memiliki kolam bunga teratai dan bertiangkan 48 buah tonggak granit.

Istana Gyeongbok saat ini dibuka untuk umum dan Museum Nasional Rakyat Korea (National Folk Museum of Korea) berdiri di dalamnya.

Banyak rakyat Korea yang berharap pemerintahnya dapat mengembalikan bentuk asli istana. Berkat kerja keras arkeolog, 330 bangunan berhasil dibangun kembali. Saat ini gerbang masuk istana (Gwanghwamun) sedang direnovasi untuk dibuat kembali seperti pada asalnya dan diperkirakan selesai tahun 2009.

 

 

FOTO FOTO ISTANA GYEONGBOK

Bomun_Pavilion_Gyeongju_d7xjh5.jpg

  1. Tempat Wisata Belanja Myeongdong

Kawasan Myeongdong menjadi surganya bagi pelancong yang mau berbelanja aneka keperluan. Berbagai mode pakaian terbaru di Korea Selatan dapat Anda temukan di tempat ini. Jika Anda ingin mengetahu tren pakaian di sana, kunjungilah Myeongdong.

 

  1. Bukchon Village

Bukchon Village ini terletak di antara Istana Gyeokbok, Istana Changdeok, dan Jongmyo Shrine. Anda dapat menggunakan subway line 3 menuju Anguk Station, lalu turun dari pintu 2. Sesampainya di Anguk Station, berjalan ke arah utara sejauh 300 meter untuk dapat sampai di tempat ini. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain menikmati sore sambil mengambil foto dan menyaksikan bangunan-bangunan tua serta menyusuri jalanan di desa tradisional di Korea Selatan ini.

 

  1. Namsan Seoul Tower ( N Seoul Tower)

N Seoul Tower merupakan tempat wisata di Korea Selatan yang sangat populer. Wisatawan bisa menikmati keindahan Korea Selatan dari atas ketinggian. Menara dengan ketinggian mencapai 237 meter ini berlokasi di Gunung Namsan.

 

  1. National Folk Museum of Korea (Museum Nasional Rakyat Korea)

Ada 3 ruangan pameran dalam museum ini, yakni ruangan yang menggambarkan “Sejarah Orang Korea” dari masa prasejarah hingga Dinasti Joseon pada tahun 1910, ruangan “Gaya Hidup Orang Korea”, dan ruangan “Siklus Hidup Orang Korea dari Lahir sampai Mati”.

 

  1. Olympic Park

Olympic Park menjadi tempat kumpul-kumpulnya masyarakat Korea, terutama anak-anak muda. Olympic Park merupakan sebuah kompleks olahraga Olympic yang berada di distrik Songpa. Di masa lampau, daerah ini adalah tempat peternakan ulat sutra di masa Dinasti Joseon. Di taman Olympic ini, terdapat sebuah bangunan yang disebut pintu gerbang perdamaian (peace gate)

 

  1. Incheon

Incheon menjadi destinasi wisata di Korea Selatan yang selanjutnya, kota ini menjadi tujuan liburan yang menarik karena disini merupakan pusat dari Seni, hiburan, fashion, sejarah dan alam.  Pengunjung dapat membaca dengan teliti toko desainer di distrik Bupyeong, menikmati acara di Arts Centre atau menemukan sejarah lokal di Liberty Park dan Independence Memorial Hall. Kepala hanya Chinatown resmi negara untuk masakan otentik dan souvenir. Sebuah perjalanan feri ke pulau-pulau terdekat adalah pelarian yang sempurna dari pusat kota.

 

  1. Pulau Nami

Nami Island  adalah tempat wisata di Korea Selatan yang terakhir dari kami. Pulau ini terkenal karena keindahan alamnya yang sangat menawan, terutama jalur pohon yang indah. Pulau Nami dibentuk sebagai hasil dari pembangunan Dam Cheongpyeong. Pulau Ini berbentuk setengah bulan dengan luas (462,809㎡) , dan di atasnya ada makam Jenderal Nami, yang memimpin kemenangan besar melawan pemberontak di tahun ke-13 raja-7 dari Dinasti Joseon, Raja Sejo (pemerintahan 1455 ~ 1468 ).

SUMBER :

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Istana_Gyeongbok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s